Bandung Lautan Bikers

558463932l.jpg

 

Dalam kehidupan manusia, baru sekarang ini lah bisa dicapai potensi ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu mengagumkan, hingga mencapai kemampuan yang luarbiasa untuk menghasilkan kekayaan, kelimpahan dan kesejahteraan; namun demikian, pada saat yang sama, semakin mempertajam Dinamika sosial Budaya dan Ekonomi.

 

Globalisasi adalah suatu realitas obyektif yang bisa lebih memperjelas fakta bahwa kita sebenarnya merupakan penumpang dalam satu kapal yang sama, yakni, bumi tempat kita hidup. Tapi, para penumpang kapal tersebut mengadakan perjalanannya dengan kondisi-kondisi yang sangat berbeda. Kita yang sering jalan-jalan ke Bandung, pasti tidak heran melihat Sekumpulan anak-anak muda di jalan protokol kota bandung seperti dago dan diponegoro yang nongkrong tidak jauh dari deretan motor yang diparkir dengan bermacam-macam atribut serta acesorisnya.

Modernisasi dan industrialisasi yang begitu pesat saat ini telah mendorong perkembangan sosial masyarakat ketatanan masyarakat yang heterogen. Bandung sebagai salah satu kota besar di indonesia telah menjadi sasaran invansi industri kendaraan bermotor yang kini telah berkembang seiring meningkatnya kehidupan ekonomi masyarakatnya, dan ini menjadi sebuah rasionalisasi bagi berbagai macam pabrikan motor untuk menjadikan bandung sebagai pasar produk kendaraan sepeda motor yang potensial. Bahkan salah satu Badan Layanan kredit menyebutkan di tahun 2007 sampai bulan Agustus telah mengurus sekitar 30.000 Constanding, lancarnya invansi pasar tersebut dikarenakan para pabrikan motor berlomba menawarkan kemudahan dalam memasarkan produknya dengan mekanisme kredit yang cukup competitif, fleksibel dan efektif dan ini terbukti munculnya bermacam-macam lembaga perkreditan swasta yang di bentuk oleh para pabrikan sepeda motor untuk mempermudah konsumen mendapatkan sepeda motor dengan cepat.

Saat ini ada ratusan Ribu sepeda motor berkeliaran di kota Bandung, bahkan kini sepeda motor telah menjadi icon kemacetan bersaing dengan Angkutan Kota. Bagi pihak kepolisian hal ini mungkin menjadi sebuah tantangan dimana pertumbuhan pengendara sepeda motor ini akan juga di ikuti dengan meningkatnya intensitas lalu lintas di jalan-jalan kota bandung dengan berbagai eksesnya. Salah satu Tindakan Preventif yang dilakukan oleh salah satu pabrikan sepeda motor yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian dengan Mengadakan Program safety Riding untuk memberikan Pemahaman serta informasi tentang berkendaraan yang baik dan tertib berlalu lintas yang aman. Program seperti ini sudah semestinya terus digalakan sebagai sebuah jawaban atas kondisi meningkatnya jumlah pengendara motor. Banyaknya pengguna sepeda motor di kota bandung saat ini tidak lepas dari kondisi diatas, bagaimanapun sebagai sebuah kota yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi akan terdorong untuk bergerak cepat dalam dinamika sosial. Dalam gelombang pasang globalisasi, meningkatnya pengguna sepeda motor menjadi sebuah realitas yang tidak bisa terhindarkan karena sepeda motor tergolong alat transportasi yan paling efektif dan terjangkau bagi masyarakat. Fenomena seperti ini tentunya akan memunculkan implikasi sosial budaya dimana para pengguna sepeda motor ini akan terfragmentasi dalam beberapa subject seperti dalam memenuhi kebutuhan akan alat transportasi serta memenuhi kebutuhan dalam status sosial. Untuk yang terakhir ini, Para pengguna motor biasanya akan terkonsentrasi dalam kelompok-kelompok/ club motor untuk berkumpul bersama sebagai pecinta sepeda motor.

Hal-hal diatas merupakan sebuah kondisi yang seharusnya direspon dengan baik, kita tinggal mengarahkan serta menjadi fasilitator agar potensi yang berkembang akhirnya tidak menjadi hal yang kontra produktif bagi masyarakat. Banyak faktor yang dapat kita kembangkan dari munculnya club motor ini, meskipun di sisi lain setiap club motor yang ada memiliki dinamika yang bebeda-beda. Dalam menjawab kondisi itu kini telah lahir sebuah organisasi yang bertujuan menjadi wadah pemersatu club motor di kota bandung, forum Club motor Bandung Hadir menjadi sebuah Sinthesa dari berkembangnya club motor tersebut yang diharapkan akan menjadi mediator bagi club-club motor untuk ikut berperan serta dalam dinamika sosial masyarakat bandung, meskipun secara legal club motor ini telah banyak mendaftarkan clubnya ke Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar dalam sisi Pengorganisiran pengembangan potensi serta prestasi. Di sisi lain, Kehadiran FCMB di kota Bandung akan menjadi kapal bagi club motor untuk dapat berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial budaya, dan gerakan kemasyarakatan. yang dilalui dan dijalankan dengan sukses sehingga pembangunan komunikasi antar club motor semakin mendapatkan format terbaik yang di harapkan Kita semua.

 

 

Written by

Dezradikky I’m a Street User

desradikky@gmail.com

~ oleh dezradikky pada Maret 8, 2008.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: